Kamis, 03 Januari 2019

CLU dan SET REGISTER

CLU (CONTROL LOGIC UNIT)
            Control Unit merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengatur dan mengatur dan pengendali semua peralatan computer, Control Unit juga mengatur kapan alat input menerima data, mengolah, dan menampilkan proses serta hasil pengolahan data. Dengan demikian semua perintah dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah lainnya.
   CU atau Kontrol Unit merupakan salah satu bagian  CPU, CU bertugas untuk memberikan arahan / kendali / kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut.
              Output dari CU bertugas untuk mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU. Pada awal desain komputer, CU diimplementasikan sebagai ad-hoc logic yang susah untuk didesain. Sekarang, CU diimplementasikan sebagai sebuah microprogram yang disimpan di dalam tempat penyimpanan kontrol (control store).  

  Control unit dari sebuah prosesor memiliki 2 peran penting.
  1. CU mengatur processor agar melakukan semua micro-operation dalam urutan yang benar.
  2. CU menghasilkan control signal yang memastikan supaya semua micro-operation dieksekusi.






Fungsi dari CLU adalah :
1.      Menyimpan proses ke dalam memori
2.      Mengatur I/O
3.      Memberikan instruksi ke pada memori
4.      Mengirim instruksi ke ALU

Jenis – Jenis CU ( Control Unit )
1.       Single-Cycle CU 
               Proses di Single-Cycle CU ini hanya terjadi dalam satu clock cycle, artinya setiap instruksi ada pada satu cycle, maka dari itu tidak memerlukan state. Dengan demikian fungsi boolean masing-masing control line hanya merupakan fungsi dari opcode saja. Clock cycle harus mempunyai panjang yang sama untuk setiap jenis instruksi.
2.      Multi-Cycle CU
Berbeda dengan unit kontrol yang single-cycle, unit kontrol yang multi-cycle lebih memiliki banyak fungsi. Dengan memperhatikan state dan opcode, fungsi boolean dari masing-masing outputcontrol line dapat ditentukan. Masing-masingnya akan menjadi fungsi dari 10 buah input logic.


  • Memori ( Internal Memory )
    • Memori merupakan suatu istilah yang sangat umum dari suatu media yang lain yang di untuk  Menyimpan data atau informasi.
    • Berdasarkan letaknya memoro dibagi menjadi dua bagian :
    • InternalMemoryDevice
      yaitu memori tempat data atau informasi yang akan segera dipakai oleh CPU untuk diproses.
      Contoh :
- RAM  merupakan tempat menyimpan data sementara pada memori
-  ROM merupakan digunakan untuk menyimpan data secara permanen

    CARA KERJA CONTROL UNIT

Ketika sebuah komputer pertama kali diaktifkan power-nya, maka computer tersebut menjalankan operasi bootstrap. Operasi ini akan membaca sebuah instruksi dari suatu lokasi memory yang telah diketahui sebelumnya dan mentransfer instruksi tersebut ke control unit untuk dieksekusi. Instruksi-intruksi dibaca dari memory dan dieksekusi sesuai dengan urutan penyimpanannya.

REGISTER (SISTEM KOMPUTER)
Register adalah rangkaian banyak flipflop yang digunakan untuk menyimpan data secara biner. biasanya register dibuat sebagai lampu led yang membentuk suatu huruf/gambar secara bit. register adalah prinsip dasar pembuatan media penyimpanan data.
1 buah flip flop dapat memuat 1 bit data
Register adalah rangkaian banyak flip flop yang digunakan untuk menyimpan data. Fungsi register adalah sebagai penyimpanan data dan untuk menghindari berkedipnya angka yang ditunjukkan oleh display (seven segment) pada saat menerima pulsa-pulsa yang diberikan oleh decoder.Sehingga dapat kita ketahui bahwa media penyimpanan data seperti flashdisk atau bahkan memmory dibuat menggunakan register.

Di Dalam register setiap satu flipflop berarti 1 bit data. contoh : apabila kita akan membuat huruf 1 dengan banyak bit 10, maka banyak flipflop yang harus dirangkai adalah sebanyak 10 buah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar