Kamis, 01 Februari 2018

Proposal USAHA


Disusun oleh :
Ananda Julio P
10415646
T.ELEKTRO
UNIVERSITAS GUNADARMA
Jln Kartini No. 34B Telp/ Fax. (0293) 491609
Temanggung 56215
LEMBAR PENGESAHAN
Pada hari ini telah disahkan penyusunan laporan dengan spesifikasi sebagai berikut:
Judul                      :     Proposal Usaha “SINAR CEMERLANG”
Hari / tanggal         :
Nama Penyusun     :     Ananda Julio Pratama
Alamat                   :     Jl.kartini no.34B Temanggung
Mengetahui
ANANDA

I .PENDAHULUAN
A.Nama dan Alamat Perusahaan
Nama Perusahaan        :Sinar Cemerlang
Alamat Perusahaan     :Jl.Raya Kaloran Km.5 Tegowanuh,Kaloran Temanggung
No.Telp                                   0293)493917
B.Nama dan Alamat Pemilik
Nama Pemilik              Ananda Julio Pratama
Alamat Pemilik                       : Jl.Raya Kaloran Km.5 Tegowanuh,Kaloran Temanggung
No.Telp                                   0293)493918
C.Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama Pemilik              :Ananda Julio Pratama
Alamat Pemilik                       : Jl.Raya Kaloran Km.5 Tegowanuh,Kaloran Temanggung
No.Telp                                   0293)493918
D.Informasi Tentang Bisnis yang di jalankan
Jawa Tengah,terutama di daerah Temanggung ini adalah salah satu atau mungkin satu-satunya daerah penghasil tembakau terbesar dari daerah lainnya.sebagian besar masyarakat di daerah temanggung bekerja sebagai petani tembakau.akan tetapi apa yang di capai saat ini memungkinkan apabila suatu saat nanti tembakau sudah menurun,akan menimbulkan dampak tersendiri bagi pekerjaan masyarakat temanggung.maka dari itu,hal tersebut memotivasi saya untuk mencari atau membuka lapangan pekerjaan baru di luar bidang pertanian tembakau ini.karena juga saya sara tembakau sendiri saat ini sudah mulai menurun tingkat produksi maupun kualitasnya.yang akan saya bangun itu adalah suatu hal yang baru yang bebeda dari pertanian tembakau,yaitu dengan memproduksi genten tradisional yang terbuat dari tanah.bukan dari bahan yang akhir-akhir ini mulai muncul yaitu yang berbahan dari plastic yang saya rasa dapat mengakibatkan suhu dalam rumah itu panas.dan hal itu ekan semakin menekat bulatkan saya menciptakan lapangan pekerjaan baru.dan dengan hal ini dapat menggantikan lapangan pekerjaan yang lama yang kini semakin menurun,seperti pertanian tembakau.
 
II RANGKUMAN EKSEKUTIF
  • Ø VISI
Memproduksi Genteng yang terjamin baik dari segi kualitas dan kuantitas oleh masyarakat
  • Ø MISI
  1. Memasarkan genteng di dalam maupun di luar daerah dengan target beberapa
daerah di luar jawa
  1. Menjaga kualitas dan terus berinovasi
  2. Memberikan harga produk yang terjangkau oleh masyarakat
  3. Meningkatkan mutu dan kualitas,mengedepankan proses dalam pengolahan
produksi yang terjamin baik dari bahan yang berkualitas dan rapi
  1. dapat membuka cabang di daerah lain
  • Ø TUJUAN
Dengan modal yang terbatas mampu membuat sebuah produk yang banyak diminati di pasaran oleh masyarakat karna kualitas yang bagus dan hasga yang terjangkau,juga berguna untuk mengurangi pengangguran di daerah jawa tengah terutama daerah temanggung.
  • SASARAN
Produk yang kami buat ini dapat di percaya sehingga dapat menjangkau seluruh wilayah pelosok indonesia.dan menjadi satu-satunya perusahaan pemroduksi genteng tradisional yang terbuat dari tanah liat yang telah di olahdan dapat membuka cabang di wilayah lain,dapat di gunakan untuk berbagai macam bentuk atap rumah sehingga kami dapat terus berinovasi
  • Kunci Keberhasilan Usaha
  1. Mempunyai etos kerja yang tinngi
  2. Menerima gagasan-gagasan baru di dalam dunia usaha
  3. Menerima kritik dan saran dari orang lain
  4. Tidak mudah putus asa
  5. Bersemangat dalam memulai usaha
  6. Disiplin dalam bekerja
  7. Memberikan pelayanan yang baik dan mengutamakan pelanggan
  8. Pandai berkomunikasi terhadap pelanggan/partner
  9. Yakin bahwa usaha bisa di laksanakan dengan baik
H.Analisis SWOT
  • Strength(Kekuatan)
  1. Bertanggung jawab,disiplin kerja,kreatif dan inovatif
  2. Dapat memennuhi kebutuhan pelanggan
  3. Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
  4. Menghasilkan genting yang berkualitas
  • Weaknes(Kelemahan)
  1. Sarana dan prasarana yang kurang lengkap
  2. Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
  3. berubahnya kondisi perekonomian
  • Oportunity(Peluang)
  1. Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas barang,kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
  2. Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di tingkat regional kawasan temanggung,membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju dan mampu sedikit mengurangi tingkat pengangguran di daerah temanggung yang semakin banyak ini.yang di sebabkan perubahan masyarakat yang mulai jenuh dan berubah profesi.
  • Threaty(Ancaman)
Munculnya Perusahaan-perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami,dengan peralatan yang cukup canggih.

III ANALISIS INDUSTRI
  1. A. Perspektif Masa depan
Dengan tetap menjaga mutu dan kualitas,kami yakin bahwa perusahaan kami kedepannya akan menjadi salah satu perusahaan besar yang terkemuka.melihat kondisi pasaran genting yang saat ini semakin pesat dengan munculnya industri-industri yang semakin maju,membuat kami semakin tertantang untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas baik itu dalam bekerja maupun hasil produksinya.
Apabila kedepannya perusahaan kami sudah mendapat konsumen dengan jumlah yang banyak,untuk lebih meningkatkan hasil produksi dan juga pemasaran,kami akan membuka anak perusahaan di daerah lain yang mempunyai perspektif baik itu dari segi lingkungan maupun kondisi masyarakat sekitar
  1. B. Analisis Persaingan
Persaingan dalam dunia bisnistak dapat di elakkan.Seorang wirausahawan akan maju apabila ia mau berusaha untuk bersaing.bekerja keras agar usaha yang ia geluti menjadi terbaik di antara sekian banyak para wirausahawan.
Begitu juga kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat bersaing dengan saingan-saingan kami,yaitu:
  1. Perusahaan dengan jenis produk yang sama
  2. Perusahaan dalam satu areal wilayah kerja.
Guna menunjang hasil persaingan yang baik,kami akan lebih selektif dalam bekerja yang meliputi proses produksi dan pemasaran.Dengan keselektifan tersebut,kami yakin perusahaan lain akan menganggap perusahaan kami sebagai sainganterberat.
  1. C. Segmentasi Pasar yang akan Dimasuki
Segmentasi pasar sangat berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi industri maka dari itu harus di pertimbangkan dan di pikirkan dengan cermat dan waspada karena pasar merupakan salah satu tujuan dari pendistribusian usaha kami, dengan sedikit saja kelalaian dan kecerobohan dapat mengurangi penghasilan perusahaan,dan mengakibatkan banyak dampak negative bagi perkembangan perusahaan tersebut.Maka dari itu kami memilih lokasi yang kami gunakan untuk pemasaran produk kami adalah di mulai dari daerah pedesaan.Hal utama yang kami perhatikan dan lebih kami utamakan yaitu permintaan terhadap produk buatan perusahaan kami,kondisi persaingan dalam pemasaran,reaksi para pesaing dan biaya promosi atau iklan.Selain hal tersebut di atas,dalam menentukan biaya dan laba yang diharapkan,perusahaan kami mengutamakan kondisi dan orientasi pasar yang setiap waktu bisa berubah sesuai dengan keadaan.

IV DISKRIPSI USAHA
  1. A. Produk yang Dihasilkan
Produk yang kami hasilkan ini berupa genting yang terbuat dari tanah liat yang telah kami olah dengan memenuhi prosedur yang ditetapkan bersama guna menjaga kualitas  yang bagus dan di segani konsumen.sehingga konsumen puas dengan produk genting kami,karena konsumen sangat berpengaruh bagi perkembangan perusahaan kami,apabila kepuasan konsumen kurang maka itu akan berdampak negative bagi penghasilan dan perkembangan perusahaan.
B. Jasa Pelayanan
Kami sangat mengerti kebutuhan para konsumen,maka dari itu dalam sector perusahaan GENTING SINAR CEMERLANG yang kami dirikan kami tidak hanya menyediakan satu pencetak genting tetapi kami menyediakan beberapa pencetak genting bahkan dengan tempat genting  yang berbeda-beda masanya,sehingga memudahkan bagi para konsumen untuk membeli genting kapanpun mereka butuh.
  1. B. Ruang lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha genting ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami,maka dari itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen
Perusahaan GENTING SINAR CEMERLANG kami terletak di Desa Tegowanuh, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Lokasi pabik tersebut sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar.
  1. C. Personalia dan Peralatan Kantor
Susunan kegiatan personalia bagi sebuah perusahaan wajib ada,namun dalam usaha genting kami,susunan kegiatan personalia masih dalam bentuk sederhana yang masing-masing personalia memiliki kegiatan dan tanggung jawab yang berbeda dalam perusahaan ini.
Kami tidak memerlukan banyak peralatan kantor,kami hanya membutuhkan buku catatan daftar kalkulasi dana dan peralatan untuk pengolahan dan perawatan genting itu sendiri.
Gambar:

V RENCANA PRODUKSI[
  1. A. Proses Produksi
Proses produksi yang kami rencanakan dan kami jalankan dalam perusahaan genting sinar cemerlang ini adalah sebagai berikut:
.
  • PERSYARATAN LOKASI
  1. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari perumahan penduduk.
  2. Lokasi mudah terjangkau dari pusat-pusat pemasaran.
  3. Lokasi terpilih bersifat menetap, artinya tidak mudah terganggu oleh keperluan-keperluan lain selain untuk usaha genting.
  • PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA
Penyiapan Sarana dan Peralatan
v Bahan-bahan utama
  1. 1. Tanah liat
  2. 2. kayu bakar
  3. 3. pasir
  4. 4. minyak tanah dan kacang
  5. 5. jerami
v  Cara pembuatan
  1. Haluskan tanah liat,pasir dalam penggilingan lalu bentuk kotak-kotak menurut ukuran sesuai dengan genting.setelah jadi lalu cetak tanah-tanah yang sudah di bentuk itu sehingga berbentuk genting.dengan di lapisi minyak tanah yang di campur dengan minyak kacang dengan perbandingan 1:2,agar genting tidak mudah rusak dan lebih halus.
  2. setelah terbentuk menjadi genting keringkan genting –genting itu dengan cahaya matahari.setelah kering lalu bakar sampai genting berubah menjadi warna merah.
Keadaan Gedung dan Perlengkapannya
Mengenai gedung yang di gunakan untuk pabrik dalam perusahaan kami ini terdapat di suatu wilayah tidak jauh dari tempat tinggal penduduk setempat dan jalan raya,di perusahaan kami terdapat pabrik,satu gudang untuk penyimpanan tanah yang sudah diolah, dan alat-alat yang di gunakan untuk pencentakan genting,di sini terdapat juga tempat pembakaran genting khusus,sehingga tidak mengganggu aktivitas proses pengolahan genting.
  1. B. Sumber – sumber Bahan Baku
Bahan baku yang berupa tanah liat kami dapatkan dari luar daerah yang sudah teruji dan terbukti kualitasnya.daerah lain yang mempunyai sumber daya yang lebih dapat kami gunakan untuk menambah bahan baku yang kami perlukan.dengan membeli dari para penjual tanah olahan untuk genting dengan ukuran tertentu dan dengan harga yang tertentu pula.yang tidak merugikan berbagai pihak,baik dari penjual tanah maupun dari pembeli seperti perusahaan kami.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
Pemasaran adalah usaha untuk mencari, menemukan dan mempertahankan konsumen. Strategi pemasaran yang utama adalah mencari kepuasan konsumen. Dalam sebuah peternakan, bagian produksi dan pemasaran harus seimbang, karena apabila pemasaran tidak berjalan dengan baik akan terjadi penumpukan hasil produksi. Hal ini dapat menyebabkan kerugian, mengingat produk genting mudah rusak Oleh karena itu, kami harus bisa memasarkan hasil produksi dan mencari pelanggan.
  1. A. Penetapan Harga
Setelah memperhitungkan dengan cukup matang,akhirnya kami tetapkan bahwa harga per biji genting adala Rp.400,00  agar kami menghasilkan laba sesuai dengan yang kami inginkan.
  1. B. Pelaksanaan Distribusi
Perusahaan kami tidak memerlukan pendistribusian khusus karena kebanyakan dari para konsumen biasanya datang langsung ke tempat kami sehingga kami tidak banyak mengeluarkan tenaga dan biaya untuk pendistribusian.akan tetapi apabila konsumen menginginkan pengiriman barang dengan jasa pendistribusian juga,maka kami siap menyediakan jasa pendistribusian juga.
  1. C. Promosi yang akan Dilakukan
Untuk promosi usaha, kami tidak mengunakan media cetak maupun media elektronik. Namun kepuasan konsumen akan secara tidak langsung membantu dalam memperkenalkan produk kami kepada para konsumen lainnya. Sehingga secara tidak langsung konsumen kami akan terus bertambah dari waktu ke waktu.
  1. D. Pengembangan Produk
Untuk perencanaan pengembangan hasil produk dalam perusahaan genting ini,kami telah menyusun berbagai cara jitu yang nantinya akan membuat perusahaan genting ini berkembang dengan pesat,berkualitas tinggi dan di segani para konsumen.

VII RENCANA ORGANISASI
  1. A. Informasi tentang Partner
Dalam sebuah usaha tentunya tidak dapat berjalan lancar tanpa partner,karena partner adalah salah satu dari pengembangan pendistribusian dalam usaha tersebut.maka dari itu dalam perusahaan genting ini kami mencari partner yang kami anggap cocok,bisa di percaya untuk pengembangan usaha kami dan tentunya menguntungkan.Partner yang biasa kami pilih yaitu took-toko meubel yang menyediakan menu genting.Dalam hal ini kami baru mempunyai beberapa partner saja maka dari itu kami terus berusaha mencari partner yang sebanyak-banyaknya demi kelancaran pendistribusian ternak kami.
  1. B. Uraian tentang Kekuasaan
Masing-masing bagian telah memiliki kekuasaan dan tanggung jawab terhadap jadwal kegiatan yang telah di tentukan perusahaan,sehingga tidak akan terjadi bentrokkan atau kekacauan dari bagian yang satu dengan bagian yang lainnya.untuk bagian pencetakkan bertugas mencetak,memberi penggilingan tanah,dan membakar genting.
  1. C. Peranan dan Tanggungjawab personalia
Masing-masing personalia memiliki tanggungjawab sendiri, yaitu sebagai berikut:
  1. Manager berperan dalam memimpin dan memenej para karyawan dalam perusahaan untuk memajukan usaha.manager juga bertanggung jawab atas maju mundurnya perusahaan.
  2. Karyawan bertugas melaksanakan perintah pimpinan atau atasan  sekaligus memberi masukan tentang bagaimana cara yang lebih baik untuk memajukan perusahaan.
BAB VIII
RESIKO
  1. A. Evaluasi tentang Kelemahan
Dalam sebuah usaha tentunya tidak selalu terjadi kesuksesan,tetapi ada juga suatu kegagalan.kegagalan-kegagalan tersebut merupakan sebuah kelemahan dalam perkembangan perusahaan,maka dari itu pihak perusahaan harus bisa mengevaluasi dari kelemahan-kelemahan tersebut,dan harus menganalisisnya untuk menemukan cara yang terbaik untuk mengatasi kelemahan itu.
Salah satu kendala/kelemahan yang terjadi dalam perusahaan kami yaitu kurangnya modal yang membuat perkembangan perusahaan kami sedikit tidak berjalan dengan lancar,selain itu persaingan antar perusahaan ternak dan pendistribusian di sekitar wilayah itu juga mempengaruhi.
Faktor yang tak terduga yang dapat mengurangi produktifitas perusahaan ini antara lain yaitu:
Cuaca
cuaca yang tidak menentu yang menghambat proses produksi di perusahaan kami, karena apabila cuaca sedang buruk maka genting yang akan di keringkan menjadi lama dan tidak kering,juga apa bila musim panas yang terlalu lama maka dalam proses pengolahan tanah para penjual tanah yang membutuhkan banyak air akan terhambat,karena susahnya mendapatkan air yang dibutuhkan di tengah areal sawah.


IX RENCANA PERMODALAN
A.Neraca Permulaan Perusahaan
ASPEK KEUANGAN / PERMODALAN
SINAR CEMERLANG
1.Sumber Modal
  1. Modal sendiri                                                                                Rp. 25.000.000,00
b.   Modal Kredit Bank                                                                       Rp. 10.000.000,00
+
Rp. 35.000.000,00
2.Modal atau investasi
a.   Tanah seluas 20m2 Rp.   5.000.000,00
b.  Bangunan Seluas 18 m2 Rp. 10.000.000,00
c.   Mesin Pencetak                                                                             Rp.   5.000.000,00
d.   Tempat genteng                                                                            Rp.   2.000.000,00
e.   Tempat pembakaran                                                                      Rp.   3.000.000,00      +
Rp.  25.000.000,00
Modal kerja setiap periode perputaran untuk 1 bulan
  • Kayu bakar                                                                              Rp.    3.200.000,00
  • Jerami                                                                                      Rp.            60.000,00
  • Minyak                                                                                                Rp.          200.000,00
  • Sewa pengolah tanah                                                  Rp.    1.800.000,00
  • Pasir                                                                                        Rp.          200.000,00
  • Gaji karyawan cetak                                                   Rp.          600.000,00
  • Gaji karyawan 4x bakar                                                          Rp.       200.000,00
  • Gaji Pemilik Perusahaan                                             Rp.    1.000.000,00
  • Biaya makan 2 karyawan                                            Rp.          300.000,00  +
Rp.    7.560.000,00
Pajak 2% per bulan
2
X 10.000.000 =200.000/Bln
100
Dalam 6 bulan berarti 200.000 x 6 =  Rp. 1.200.000,00
Proyeksi Aliran Kas
Uraian
Jan
Feb
Mart
Aprl
Mei
juni
Perkiraan Penerimaan






Hasil Penjualan Tunai
5000
6000
7500
7500
8000
8000
Penagihan Piutang
3000
3000
3500
3000
3000
3500
Penerimaan Lain
2000
2000
1500
2000
2000
2500
Jumlah Penerimaan
10000
11000
12500
12500
13000
14000
Perkiraan Pengeluaran






Pembelian Bahan Mentah
5460
5460
5000
5500
5500
5500
Pembayaran Upah
1800
1800
2000
2000
2000
2000
Biaya Administrasi & umum
3000
3000
2500
3000
3000
3000
Biaya Penjualan
1000
1000
1000
1000
1000
1000
Pembayaran Pajak


600
200
200
200
Jumlah Pengeluaran
11260
11260
11100
11700
11700
11700
Surplus(Defisit)
(1260)
(260)
1400
800
1300
2300
Penerimaan saldo akhir bulan Desember 2008 adalah Rp.1000.000
Kredit yang di minta untuk bulan januari Rp 4.000.000,00 dan Untuk Februari Rp. 3.000.000,00 Pembayaran Kredit sebagian akan dilakukan maret Rp.1000.000,00
April Rp 2500.000,00. Mei Rp. 2500.000,00 dan juni Rp.1.000.000,00
Uraian
Jan
Feb
Mart
April
Mei
juni
Saldo Kas PB
1000
3660
6340
6660
4830
3450
Terima Kredit dari PB
4000
3000
-
-
-
-
Membayar Kembali Kredit PB
-
-
(1000)
(2500)
(2500)
(1000)
Alat Likuid tersedia pada PB
5000
6660
5340
4160
2330
2450
Surplus(Defisit)
(1260)
(260)
1400
800
1300
2300
Pembayaran bunga AB
(80)
(60)
(80)
(130)
(180)
(200)
Saldo KAS
366
6340
6660
4830
3450
4550
Budget Kas

Uraian
Jan
Feb
Mart
April
Mei
Juni
I
Saldo Kas PB
1000
3660
6340
6660
4830
3450
II
Penerimaan Kas







1.Hasil Penjualan Tunai
5000
6000
7500
7500
8000
8000

2.Penagihan Piutang
3000
3000
3500
3000
3000
3500

3.Penerimaan Kredit
4000
3000
-
-
-
-

4.Penerimaan Lain
2000
2000
1500
2000
2000
2500

Jumlah penerimaan
14000
14000
12500
12500
13000
14000

Jumlah kas keseluruhan
15000
17660
18840
19160
17830
17450
III
Pengeluaran Kas







1.Pembelian Bahan Mentah
5460
5460
5000
5500
5500
5500

2.Pembayaran Upah
1800
1800
2000
2000
2000
2000

3.Biaya Penjualan
1000
1000
1000
1000
1000
1000

4.Biaya Administrasi
3000
3000
2500
3000
3000
3000

5.Pembayaran Bunga
80
60
80
130
180
200

6.Pembayaran Pajak
-
-
600
200
200
200

7.Pembayaran Utang Bank
-
-
1000
2500
2500
1000

Jumlah Pengeluaran
11340
11320
12180
14330
14380
12900
IV
Saldo kas AB
3660
6340
6660
4830
3450
4550
BEP
1.perhitungan BEP atas dasar kuantitatif (Unit)
Rumus perhitungannya adalah:
FC
BEP(Q)=     P-VC
Keterangan=
BEP(Q)           :Jumlah unit produk yang dihasilkan/di jual
FC                   :Fixed Cost(biaya tetap)
VC                              :Variabel Cost(biaya variabel)
P                      rice per unit (harga jual per unit)
Jadi BEP(Q)nya adalah:
Biaya tetap      =Rp.35.000.000,00
Biaya Variabel            =Rp.300,00
Harga jual                    =Rp.400,00
Berapakah BEP(Q)nya?
Jawab:
FC              35.000.000,00
BEP(Q)=     P-VC       =          400-300                                   =Rp.350.000 per unit
2.Perhitungan BEP atas dasar penjualan dalam rupiah
Rumus perhitungan adalah
FC
-∑ VC BEP(R)=     1
S
Keterangan
BEP(R)           :Hasil penjualan dalam rupiah
FC                   :Fixed Cost(biaya tetap)
∑VC                :Biaya Variabel(Variabel cost)=jumlah unit x biaya per unit
S                      :Volume Penjualan
Jadi BEP(R)nya adalah:
Biaya tetap      =Rp.35.000.000,00
Biaya Variabel            =Rp.300,00
Harga jual                    =Rp.400,00
Kapasitas produksi maksimal 20000 unit
Berapakah BEP(R)nya?
FC                          35.000.000
-∑ VC               =1-20000 x 300 BEP(R)=     1
S                                  20000 x 400
35.000.000                                          35.000.000
1-20000 x 300                   =                      1-0,75
8.000.000
35.000.000
0.25
=140.000.000
140.000.000
400                               =Rp.350.000,00

2 komentar:

  1. BERGABUNGLAH BERSAMA DENGAN B O L A V I T A . WIN

    BANYAK BONUS & PROMO DI SETIAP HARINYA!!!

    WA : +62812-22-22-995
    Line : cs_bolavita
    Wechat : Bolavita

    BalasHapus