Disusun oleh :
Ananda
Julio P
10415646
T.ELEKTRO
UNIVERSITAS
GUNADARMA
Jln Kartini No. 34B Telp/ Fax. (0293) 491609
Temanggung 56215
LEMBAR PENGESAHAN
Pada hari ini telah disahkan penyusunan laporan dengan spesifikasi sebagai berikut:
Judul : Proposal Usaha “SINAR
CEMERLANG”
Hari / tanggal :
Nama Penyusun :
Ananda Julio Pratama
Alamat
: Jl.kartini no.34B Temanggung
Mengetahui
ANANDA
I .PENDAHULUAN
A.Nama dan Alamat Perusahaan
Nama Perusahaan :Sinar Cemerlang
Alamat Perusahaan :Jl.Raya Kaloran Km.5
Tegowanuh,Kaloran Temanggung
No.Telp
0293)493917
B.Nama dan Alamat Pemilik
Nama
Pemilik
Ananda Julio Pratama
Alamat Pemilik
: Jl.Raya
Kaloran Km.5 Tegowanuh,Kaloran Temanggung
No.Telp
0293)493918
C.Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama
Pemilik
:Ananda Julio Pratama
Alamat Pemilik
: Jl.Raya
Kaloran Km.5 Tegowanuh,Kaloran Temanggung
No.Telp
0293)493918
D.Informasi Tentang Bisnis yang di jalankan
Jawa Tengah,terutama di
daerah Temanggung ini adalah salah satu atau mungkin satu-satunya daerah
penghasil tembakau terbesar dari daerah lainnya.sebagian besar masyarakat di
daerah temanggung bekerja sebagai petani tembakau.akan tetapi apa yang di capai
saat ini memungkinkan apabila suatu saat nanti tembakau sudah menurun,akan
menimbulkan dampak tersendiri bagi pekerjaan masyarakat temanggung.maka dari
itu,hal tersebut memotivasi saya untuk mencari atau membuka lapangan pekerjaan
baru di luar bidang pertanian tembakau ini.karena juga saya sara tembakau
sendiri saat ini sudah mulai menurun tingkat produksi maupun kualitasnya.yang
akan saya bangun itu adalah suatu hal yang baru yang bebeda dari pertanian
tembakau,yaitu dengan memproduksi genten tradisional yang terbuat dari
tanah.bukan dari bahan yang akhir-akhir ini mulai muncul yaitu yang berbahan
dari plastic yang saya rasa dapat mengakibatkan suhu dalam rumah itu panas.dan
hal itu ekan semakin menekat bulatkan saya menciptakan lapangan pekerjaan
baru.dan dengan hal ini dapat menggantikan lapangan pekerjaan yang lama yang
kini semakin menurun,seperti pertanian tembakau.
II RANGKUMAN EKSEKUTIF
- Ø VISI
Memproduksi Genteng yang terjamin baik dari segi kualitas dan kuantitas
oleh masyarakat
- Ø MISI
- Memasarkan genteng di dalam maupun di luar daerah dengan target beberapa
daerah di luar jawa
- Menjaga kualitas dan terus berinovasi
- Memberikan harga produk yang terjangkau oleh masyarakat
- Meningkatkan mutu dan kualitas,mengedepankan proses dalam pengolahan
produksi yang terjamin baik dari bahan yang berkualitas dan rapi
- dapat membuka cabang di daerah lain
- Ø TUJUAN
Dengan modal yang terbatas mampu membuat sebuah produk yang banyak diminati
di pasaran oleh masyarakat karna kualitas yang bagus dan hasga yang
terjangkau,juga berguna untuk mengurangi pengangguran di daerah jawa tengah
terutama daerah temanggung.
- SASARAN
Produk yang kami buat ini dapat di percaya sehingga dapat menjangkau
seluruh wilayah pelosok indonesia.dan menjadi satu-satunya perusahaan
pemroduksi genteng tradisional yang terbuat dari tanah liat yang telah di
olahdan dapat membuka cabang di wilayah lain,dapat di gunakan untuk berbagai
macam bentuk atap rumah sehingga kami dapat terus berinovasi
- Kunci Keberhasilan Usaha
- Mempunyai etos kerja yang tinngi
- Menerima gagasan-gagasan baru di dalam dunia usaha
- Menerima kritik dan saran dari orang lain
- Tidak mudah putus asa
- Bersemangat dalam memulai usaha
- Disiplin dalam bekerja
- Memberikan pelayanan yang baik dan mengutamakan pelanggan
- Pandai berkomunikasi terhadap pelanggan/partner
- Yakin bahwa usaha bisa di laksanakan dengan baik
H.Analisis SWOT
- Strength(Kekuatan)
- Bertanggung jawab,disiplin kerja,kreatif dan inovatif
- Dapat memennuhi kebutuhan pelanggan
- Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
- Menghasilkan genting yang berkualitas
- Weaknes(Kelemahan)
- Sarana dan prasarana yang kurang lengkap
- Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
- berubahnya kondisi perekonomian
- Oportunity(Peluang)
- Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas barang,kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
- Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di tingkat regional kawasan temanggung,membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju dan mampu sedikit mengurangi tingkat pengangguran di daerah temanggung yang semakin banyak ini.yang di sebabkan perubahan masyarakat yang mulai jenuh dan berubah profesi.
- Threaty(Ancaman)
Munculnya Perusahaan-perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi
perusahaan kami,dengan peralatan yang cukup canggih.
III ANALISIS INDUSTRI
- A. Perspektif Masa depan
Dengan tetap menjaga mutu dan kualitas,kami yakin bahwa perusahaan kami
kedepannya akan menjadi salah satu perusahaan besar yang terkemuka.melihat
kondisi pasaran genting yang saat ini semakin pesat dengan munculnya
industri-industri yang semakin maju,membuat kami semakin tertantang untuk
senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas baik itu dalam bekerja maupun
hasil produksinya.
Apabila kedepannya perusahaan kami sudah mendapat konsumen dengan jumlah
yang banyak,untuk lebih meningkatkan hasil produksi dan juga pemasaran,kami
akan membuka anak perusahaan di daerah lain yang mempunyai perspektif baik itu
dari segi lingkungan maupun kondisi masyarakat sekitar
- B. Analisis Persaingan
Persaingan dalam dunia bisnistak dapat di elakkan.Seorang wirausahawan akan
maju apabila ia mau berusaha untuk bersaing.bekerja keras agar usaha yang ia
geluti menjadi terbaik di antara sekian banyak para wirausahawan.
Begitu juga kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat bersaing
dengan saingan-saingan kami,yaitu:
- Perusahaan dengan jenis produk yang sama
- Perusahaan dalam satu areal wilayah kerja.
Guna menunjang hasil persaingan yang baik,kami akan lebih selektif dalam
bekerja yang meliputi proses produksi dan pemasaran.Dengan keselektifan
tersebut,kami yakin perusahaan lain akan menganggap perusahaan kami sebagai
sainganterberat.
- C. Segmentasi Pasar yang akan Dimasuki
Segmentasi pasar sangat berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi industri maka
dari itu harus di pertimbangkan dan di pikirkan dengan cermat dan waspada
karena pasar merupakan salah satu tujuan dari pendistribusian usaha kami,
dengan sedikit saja kelalaian dan kecerobohan dapat mengurangi penghasilan
perusahaan,dan mengakibatkan banyak dampak negative bagi perkembangan
perusahaan tersebut.Maka dari itu kami memilih lokasi yang kami gunakan untuk
pemasaran produk kami adalah di mulai dari daerah pedesaan.Hal utama yang kami
perhatikan dan lebih kami utamakan yaitu permintaan terhadap produk buatan
perusahaan kami,kondisi persaingan dalam pemasaran,reaksi para pesaing dan
biaya promosi atau iklan.Selain hal tersebut di atas,dalam menentukan biaya dan
laba yang diharapkan,perusahaan kami mengutamakan kondisi dan orientasi pasar
yang setiap waktu bisa berubah sesuai dengan keadaan.
IV DISKRIPSI USAHA
- A. Produk yang Dihasilkan
Produk yang kami hasilkan ini berupa genting yang terbuat dari tanah liat
yang telah kami olah dengan memenuhi prosedur yang ditetapkan bersama guna menjaga
kualitas yang bagus dan di segani konsumen.sehingga konsumen puas dengan
produk genting kami,karena konsumen sangat berpengaruh bagi perkembangan
perusahaan kami,apabila kepuasan konsumen kurang maka itu akan berdampak
negative bagi penghasilan dan perkembangan perusahaan.
B. Jasa Pelayanan
Kami sangat mengerti kebutuhan para konsumen,maka dari itu dalam sector
perusahaan GENTING SINAR CEMERLANG yang kami dirikan kami tidak hanya
menyediakan satu pencetak genting tetapi kami menyediakan beberapa pencetak
genting bahkan dengan tempat genting yang berbeda-beda masanya,sehingga
memudahkan bagi para konsumen untuk membeli genting kapanpun mereka butuh.
- B. Ruang lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha genting ini kami rancang dengan sebaik mungkin
karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami,maka
dari itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen
Perusahaan GENTING SINAR CEMERLANG kami terletak di Desa Tegowanuh,
Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Lokasi pabik tersebut
sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut
tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi
perusahaan sudah lancar.
- C. Personalia dan Peralatan Kantor
Susunan kegiatan personalia bagi sebuah perusahaan wajib ada,namun dalam
usaha genting kami,susunan kegiatan personalia masih dalam bentuk sederhana
yang masing-masing personalia memiliki kegiatan dan tanggung jawab yang berbeda
dalam perusahaan ini.
Kami tidak memerlukan banyak peralatan kantor,kami hanya membutuhkan buku
catatan daftar kalkulasi dana dan peralatan untuk pengolahan dan perawatan
genting itu sendiri.
Gambar:
V RENCANA PRODUKSI[
- A. Proses Produksi
Proses produksi yang kami rencanakan dan kami jalankan dalam perusahaan
genting sinar cemerlang ini adalah sebagai berikut:
.
- PERSYARATAN LOKASI
- Lokasi yang tidak terlalu jauh dari perumahan penduduk.
- Lokasi mudah terjangkau dari pusat-pusat pemasaran.
- Lokasi terpilih bersifat menetap, artinya tidak mudah terganggu oleh keperluan-keperluan lain selain untuk usaha genting.
- PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA
Penyiapan Sarana dan Peralatan
v Bahan-bahan utama
- 1. Tanah liat
- 2. kayu bakar
- 3. pasir
- 4. minyak tanah dan kacang
- 5. jerami
v Cara pembuatan
- Haluskan tanah liat,pasir dalam penggilingan lalu bentuk kotak-kotak menurut ukuran sesuai dengan genting.setelah jadi lalu cetak tanah-tanah yang sudah di bentuk itu sehingga berbentuk genting.dengan di lapisi minyak tanah yang di campur dengan minyak kacang dengan perbandingan 1:2,agar genting tidak mudah rusak dan lebih halus.
- setelah terbentuk menjadi genting keringkan genting –genting itu dengan cahaya matahari.setelah kering lalu bakar sampai genting berubah menjadi warna merah.
Keadaan Gedung dan Perlengkapannya
Mengenai gedung yang di gunakan untuk pabrik dalam perusahaan kami ini
terdapat di suatu wilayah tidak jauh dari tempat tinggal penduduk setempat dan
jalan raya,di perusahaan kami terdapat pabrik,satu gudang untuk penyimpanan
tanah yang sudah diolah, dan alat-alat yang di gunakan untuk pencentakan
genting,di sini terdapat juga tempat pembakaran genting khusus,sehingga tidak
mengganggu aktivitas proses pengolahan genting.
- B. Sumber – sumber Bahan Baku
Bahan baku yang berupa tanah liat kami dapatkan dari luar daerah yang sudah
teruji dan terbukti kualitasnya.daerah lain yang mempunyai sumber daya yang
lebih dapat kami gunakan untuk menambah bahan baku yang kami perlukan.dengan
membeli dari para penjual tanah olahan untuk genting dengan ukuran tertentu dan
dengan harga yang tertentu pula.yang tidak merugikan berbagai pihak,baik dari
penjual tanah maupun dari pembeli seperti perusahaan kami.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
Pemasaran adalah usaha untuk mencari, menemukan dan mempertahankan konsumen.
Strategi pemasaran yang utama adalah mencari kepuasan konsumen. Dalam sebuah
peternakan, bagian produksi dan pemasaran harus seimbang, karena apabila
pemasaran tidak berjalan dengan baik akan terjadi penumpukan hasil produksi.
Hal ini dapat menyebabkan kerugian, mengingat produk genting mudah rusak Oleh
karena itu, kami harus bisa memasarkan hasil produksi dan mencari pelanggan.
- A. Penetapan Harga
Setelah memperhitungkan dengan cukup matang,akhirnya kami tetapkan bahwa harga
per biji genting adala Rp.400,00 agar kami menghasilkan laba sesuai
dengan yang kami inginkan.
- B. Pelaksanaan Distribusi
Perusahaan kami tidak memerlukan pendistribusian khusus karena kebanyakan
dari para konsumen biasanya datang langsung ke tempat kami sehingga kami tidak
banyak mengeluarkan tenaga dan biaya untuk pendistribusian.akan tetapi apabila
konsumen menginginkan pengiriman barang dengan jasa pendistribusian juga,maka
kami siap menyediakan jasa pendistribusian juga.
- C. Promosi yang akan Dilakukan
Untuk promosi usaha, kami tidak mengunakan media cetak maupun media
elektronik. Namun kepuasan konsumen akan secara tidak langsung membantu dalam
memperkenalkan produk kami kepada para konsumen lainnya. Sehingga secara tidak
langsung konsumen kami akan terus bertambah dari waktu ke waktu.
- D. Pengembangan Produk
Untuk perencanaan pengembangan hasil produk dalam perusahaan genting
ini,kami telah menyusun berbagai cara jitu yang nantinya akan membuat
perusahaan genting ini berkembang dengan pesat,berkualitas tinggi dan di segani
para konsumen.
VII RENCANA ORGANISASI
- A. Informasi tentang Partner
Dalam sebuah usaha tentunya tidak dapat berjalan lancar tanpa
partner,karena partner adalah salah satu dari pengembangan pendistribusian
dalam usaha tersebut.maka dari itu dalam perusahaan genting ini kami mencari
partner yang kami anggap cocok,bisa di percaya untuk pengembangan usaha kami
dan tentunya menguntungkan.Partner yang biasa kami pilih yaitu took-toko meubel
yang menyediakan menu genting.Dalam hal ini kami baru mempunyai beberapa
partner saja maka dari itu kami terus berusaha mencari partner yang
sebanyak-banyaknya demi kelancaran pendistribusian ternak kami.
- B. Uraian tentang Kekuasaan
Masing-masing bagian telah memiliki kekuasaan dan tanggung jawab terhadap
jadwal kegiatan yang telah di tentukan perusahaan,sehingga tidak akan terjadi
bentrokkan atau kekacauan dari bagian yang satu dengan bagian yang
lainnya.untuk bagian pencetakkan bertugas mencetak,memberi penggilingan
tanah,dan membakar genting.
- C. Peranan dan Tanggungjawab personalia
Masing-masing personalia memiliki tanggungjawab sendiri, yaitu sebagai berikut:
- Manager berperan dalam memimpin dan memenej para karyawan dalam perusahaan untuk memajukan usaha.manager juga bertanggung jawab atas maju mundurnya perusahaan.
- Karyawan bertugas melaksanakan perintah pimpinan atau atasan sekaligus memberi masukan tentang bagaimana cara yang lebih baik untuk memajukan perusahaan.
BAB VIII
RESIKO
- A. Evaluasi tentang Kelemahan
Dalam sebuah usaha tentunya tidak selalu terjadi kesuksesan,tetapi ada juga
suatu kegagalan.kegagalan-kegagalan tersebut merupakan sebuah kelemahan dalam
perkembangan perusahaan,maka dari itu pihak perusahaan harus bisa mengevaluasi
dari kelemahan-kelemahan tersebut,dan harus menganalisisnya untuk menemukan
cara yang terbaik untuk mengatasi kelemahan itu.
Salah satu kendala/kelemahan yang terjadi dalam perusahaan kami yaitu
kurangnya modal yang membuat perkembangan perusahaan kami sedikit tidak
berjalan dengan lancar,selain itu persaingan antar perusahaan ternak dan
pendistribusian di sekitar wilayah itu juga mempengaruhi.
Faktor yang tak terduga yang dapat mengurangi produktifitas perusahaan ini
antara lain yaitu:
Cuaca
cuaca yang tidak menentu yang menghambat proses produksi di perusahaan
kami, karena apabila cuaca sedang buruk maka genting yang
akan di keringkan menjadi lama dan tidak kering,juga apa bila musim panas yang
terlalu lama maka dalam proses pengolahan tanah para penjual tanah yang
membutuhkan banyak air akan terhambat,karena susahnya mendapatkan air yang
dibutuhkan di tengah areal sawah.
IX RENCANA PERMODALAN
A.Neraca Permulaan Perusahaan
ASPEK KEUANGAN /
PERMODALAN
SINAR CEMERLANG
1.Sumber Modal
- Modal sendiri Rp. 25.000.000,00
b. Modal Kredit
Bank
Rp.
10.000.000,00
+
Rp. 35.000.000,00
2.Modal atau investasi
a. Tanah seluas 20m2 Rp. 5.000.000,00
b. Bangunan Seluas 18 m2 Rp. 10.000.000,00
c. Mesin
Pencetak
Rp. 5.000.000,00
d. Tempat
genteng
Rp. 2.000.000,00
e. Tempat pembakaran
Rp. 3.000.000,00 +
Rp. 25.000.000,00
Modal kerja setiap periode perputaran untuk 1 bulan
- Kayu bakar Rp. 3.200.000,00
- Jerami Rp. 60.000,00
- Minyak Rp. 200.000,00
- Sewa pengolah tanah Rp. 1.800.000,00
- Pasir Rp. 200.000,00
- Gaji karyawan cetak Rp. 600.000,00
- Gaji karyawan 4x bakar Rp. 200.000,00
- Gaji Pemilik Perusahaan Rp. 1.000.000,00
- Biaya makan 2 karyawan Rp. 300.000,00 +
Rp. 7.560.000,00
Pajak 2% per bulan
2
X 10.000.000 =200.000/Bln
100
Dalam 6 bulan berarti 200.000 x 6 = Rp. 1.200.000,00
Proyeksi Aliran Kas
Uraian
|
Jan
|
Feb
|
Mart
|
Aprl
|
Mei
|
juni
|
Perkiraan Penerimaan
|
||||||
Hasil Penjualan Tunai
|
5000
|
6000
|
7500
|
7500
|
8000
|
8000
|
Penagihan Piutang
|
3000
|
3000
|
3500
|
3000
|
3000
|
3500
|
Penerimaan Lain
|
2000
|
2000
|
1500
|
2000
|
2000
|
2500
|
Jumlah Penerimaan
|
10000
|
11000
|
12500
|
12500
|
13000
|
14000
|
Perkiraan Pengeluaran
|
||||||
Pembelian Bahan Mentah
|
5460
|
5460
|
5000
|
5500
|
5500
|
5500
|
Pembayaran Upah
|
1800
|
1800
|
2000
|
2000
|
2000
|
2000
|
Biaya Administrasi & umum
|
3000
|
3000
|
2500
|
3000
|
3000
|
3000
|
Biaya Penjualan
|
1000
|
1000
|
1000
|
1000
|
1000
|
1000
|
Pembayaran Pajak
|
600
|
200
|
200
|
200
|
||
Jumlah Pengeluaran
|
11260
|
11260
|
11100
|
11700
|
11700
|
11700
|
Surplus(Defisit)
|
(1260)
|
(260)
|
1400
|
800
|
1300
|
2300
|
Penerimaan saldo akhir bulan Desember 2008 adalah Rp.1000.000
Kredit yang di minta untuk bulan januari Rp 4.000.000,00 dan Untuk Februari
Rp. 3.000.000,00 Pembayaran Kredit sebagian akan dilakukan maret Rp.1000.000,00
April Rp 2500.000,00. Mei Rp. 2500.000,00 dan juni Rp.1.000.000,00
Uraian
|
Jan
|
Feb
|
Mart
|
April
|
Mei
|
juni
|
Saldo Kas PB
|
1000
|
3660
|
6340
|
6660
|
4830
|
3450
|
Terima Kredit dari PB
|
4000
|
3000
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Membayar Kembali Kredit PB
|
-
|
-
|
(1000)
|
(2500)
|
(2500)
|
(1000)
|
Alat Likuid tersedia pada PB
|
5000
|
6660
|
5340
|
4160
|
2330
|
2450
|
Surplus(Defisit)
|
(1260)
|
(260)
|
1400
|
800
|
1300
|
2300
|
Pembayaran bunga AB
|
(80)
|
(60)
|
(80)
|
(130)
|
(180)
|
(200)
|
Saldo KAS
|
366
|
6340
|
6660
|
4830
|
3450
|
4550
|
Budget Kas
Uraian
|
Jan
|
Feb
|
Mart
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|
I
|
Saldo Kas PB
|
1000
|
3660
|
6340
|
6660
|
4830
|
3450
|
II
|
Penerimaan Kas
|
||||||
1.Hasil Penjualan Tunai
|
5000
|
6000
|
7500
|
7500
|
8000
|
8000
|
|
2.Penagihan Piutang
|
3000
|
3000
|
3500
|
3000
|
3000
|
3500
|
|
3.Penerimaan Kredit
|
4000
|
3000
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
4.Penerimaan Lain
|
2000
|
2000
|
1500
|
2000
|
2000
|
2500
|
|
Jumlah penerimaan
|
14000
|
14000
|
12500
|
12500
|
13000
|
14000
|
|
Jumlah kas keseluruhan
|
15000
|
17660
|
18840
|
19160
|
17830
|
17450
|
|
III
|
Pengeluaran Kas
|
||||||
1.Pembelian Bahan Mentah
|
5460
|
5460
|
5000
|
5500
|
5500
|
5500
|
|
2.Pembayaran Upah
|
1800
|
1800
|
2000
|
2000
|
2000
|
2000
|
|
3.Biaya Penjualan
|
1000
|
1000
|
1000
|
1000
|
1000
|
1000
|
|
4.Biaya Administrasi
|
3000
|
3000
|
2500
|
3000
|
3000
|
3000
|
|
5.Pembayaran Bunga
|
80
|
60
|
80
|
130
|
180
|
200
|
|
6.Pembayaran Pajak
|
-
|
-
|
600
|
200
|
200
|
200
|
|
7.Pembayaran Utang Bank
|
-
|
-
|
1000
|
2500
|
2500
|
1000
|
|
Jumlah Pengeluaran
|
11340
|
11320
|
12180
|
14330
|
14380
|
12900
|
|
IV
|
Saldo kas AB
|
3660
|
6340
|
6660
|
4830
|
3450
|
4550
|
BEP
1.perhitungan BEP atas dasar kuantitatif (Unit)
Rumus perhitungannya adalah:
FC
BEP(Q)= P-VC
Keterangan=
BEP(Q) :Jumlah
unit produk yang dihasilkan/di jual
FC
:Fixed Cost(biaya tetap)
VC
:Variabel Cost(biaya variabel)
P
rice per unit (harga jual per unit)
Jadi BEP(Q)nya adalah:
Biaya tetap =Rp.35.000.000,00
Biaya Variabel
=Rp.300,00
Harga
jual
=Rp.400,00
Berapakah BEP(Q)nya?
Jawab:
FC
35.000.000,00
BEP(Q)= P-VC =
400-300
=Rp.350.000 per unit
2.Perhitungan BEP atas dasar penjualan dalam rupiah
Rumus perhitungan adalah
FC
-∑ VC BEP(R)= 1
S
Keterangan
BEP(R) :Hasil
penjualan dalam rupiah
FC
:Fixed Cost(biaya tetap)
∑VC
:Biaya Variabel(Variabel cost)=jumlah unit x biaya per unit
S
:Volume Penjualan
Jadi BEP(R)nya adalah:
Biaya tetap =Rp.35.000.000,00
Biaya
Variabel
=Rp.300,00
Harga
jual
=Rp.400,00
Kapasitas produksi maksimal 20000 unit
Berapakah BEP(R)nya?
FC
35.000.000
-∑
VC
=1-20000 x 300 BEP(R)= 1
S
20000 x 400
35.000.000
35.000.000
1-20000 x
300
=
1-0,75
8.000.000
35.000.000
0.25
=140.000.000
140.000.000
400
=Rp.350.000,00
BERGABUNGLAH BERSAMA DENGAN B O L A V I T A . WIN
BalasHapusBANYAK BONUS & PROMO DI SETIAP HARINYA!!!
WA : +62812-22-22-995
Line : cs_bolavita
Wechat : Bolavita
Depo Pulsa 25rb Dan Bonus Chip Gratis Kaki Ayam Bangkok
BalasHapus